Senin, 15 Juli 2013 –
Kasi Pendidikan Katolik Kantor Kemenag Kab. Ende Selenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Dan Keagamaan Katolik

Ende (Inmas) – Bertempat di Aula Pondok Bina Olangari Jalan Melati Ende, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende dalam hal ini Seksi Pendidikan Katolik menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama dan Keagamaan Katolik. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai Senin, 08 Juni sampai dengan Rabu, 10 Juli 2013 dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari Unsur Pendidikan Keagamaan SMAK 15 orang, Unsur Badan Penyelenggara Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) St. Thomas Morus Ende 5 orang, Unsur Dosen STIPAR Ende 5 orang, dan Unsur Pemerhati Pendidikan Keagamaan Katolik 5 orang.

Kegiatan dengan tema “Dengan Penyusunan kompetensi inti, kompetensi dasar dan silabus mata pelajaran pendidikan keagamaan Katolik tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, kita tingkatkan kualitas penyelenggaraan SMAK St. Thomas Morus Ende” menghadirkan lima orang nasasumber antara lain: pertama, Rm. Yosef Lalu, Pr membawakan materi tentang Kerangka Dasar Materi Pengajaran Pokok Iman Moral dan Pastoral Katekese pada SMAK St. Thomas Morus Ende, kedua Rm. Bosco Terwinju, Pr membawakan materi tentang Kerangka Dasar Materi Pengajaran Liturgi, Kitab Suci dan Sejarah Gereja pada SMAK St. Thomas Morus Ende, ketiga Bapak Drs. Oswaldus B. Soko (Pengawas Pendidikan Dinas PPO Kab. Ende) membawakan materi tentang teknik penyusunan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Silabus Mata Pelajaran Keagamaan pada SMAK St. Thomas Morus Ende, keempat Bapak Yosef Nganggo, S.Ag membawakan materi tentang Pendidikan Keagamaan Katolik pada Kementerian Agama Kabupaten Ende dan kelima Drs. Fransiskus Naga membawakan materi tentang Kebijakan Teknis Pembinaan SMAK pada seksi Pendidikan Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende.

Adapun yang menjadi latar belakang diadakannya kegiatan ini antara lain SMAK St. Thomas Morus Ende adalah sekolah menengah keagamaan Katolik pertama di tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Katolik (YASUKEL) Ende. Karena itu, perlu diadakan koordinasi, konsultasi, dan konsolidasi yang terus menerus untuk memperoleh informasi yang memadai tentang penyelenggaraan program pendidikan keagamaan Katolik dan peluang serta tantangan yang patut disikapi demi optimalisasi penyelenggaraan SMAK St. Thomas Morus Ende.

Seksi Pendidikan Katolik memiliki tugas dan fungsi pembinaan penyelenggaraan pendidikan agama dan keagamaan Katolik di tingkat Kabupaten. Karena itu, Seksi Pendidikan Katolik Kantor Kemenag Kab. Ende berkewajiban melakukan pembinaan terhadap SMAK St. Thomas Morus ini.

Program pendidikan keagamaan pada SMAK St. Thomas Morus berkaitan erat dengan wewenang mengajar Gereja Katolik Keuskupan Agung Ende, secara khusus menyangkut materi pendidikan keagamaan Katolik. Karena itu, perlu dilakukan penelaahan, evaluasi serta revisi terhadap kurikulum pendidikan keagamaan Katolik yang telah disusun dan yang telah coba diterapkan pada tahun pelajaran perdana SMAK St. Thomas Morus yang baru lewat, antara pihak SMAK St. Thomas Morus, Hierarki Gereja Katolik Keuskupan Agung Ende dan Seksi Pendidikan Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende.

SMAK St. Thomas Morus Ende telah menyelenggarakan satu Tahun Pelajaran 2012/2013, karena itu sepatutnya bahan ajar guru pengasu mata pelajaran keagamaan Katolik perlu ditinjau, dievaluasi dan disusun ulang sesuai dengan ketentuan terbaru yakni Paradigma Kurikulum 13 dan arah dasar Pastoral Gereja Katolik Keuskupan Agung Ende.Karena itu dipandang perlu dan mendesak menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi yang bernuansa lokakarya untuk menyusun bersama Kompetensi Inti, Standar Kompetensi dan Silabus untuk mata pelajaran Keagamaan Katolik pada SMAK St. Thomas Morus Ende ini.

Kegiatan yang dibiayai oleh Dana DIPA Ditjen BIMAS Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende tahun 2013 ini dilakukan dengan tujuan pertama Menyatukan persepsi dan orientasi dalam menyelenggarakan program pendidikan keagamaan Katolik tingkat Sekolah Menengah Atas pada SMAK St. Thomas Morus Ende, kedua memperoleh informasi yang memadai dan tepat tentang metode penyusunan Kontensi Inti Kompetensi Dasar dan Silabus untuk mata pelajaran Keagamaan Katolik, ketiga memperoleh informasi dan pentunjuk sah dari magisterium gereja lokal tentang isi mata pelajaran keagamaan Katolik pada SMAK St. Thomas Morus Ende dan keempat Menghasilkan bentuk dasar dari kurukulum pendidikan keagamaan Katolik yang akan segera dibahas lagi secara nasional pada pertemuan lanjutan tingkat nasional tahun 2013 di Surabaya mulai tanggal 18 sampai dengan 21 Juli 2013. (loridhae)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.028992 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 584722
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.