Rabu, 3 Juli 2013 – Kankemenag
Dasar dan Tujuan Perkawinan Dalam Islam

Bajawa (inmas) – Di bagian lain dari Kegiatan Orientasi Kursus Calon Pengantin ini, Fajri Natsir, S.Ag, yang membawakan materi Dasar dan Tujuan Perkawinan dalam Islam menandaskan bahwa perkawinan adalah fitrah kemanusiaan maka dari itu Islam menganjurkan untuk nikah karena nikah merupakan gharizah insaniyah (naluri kemanusiaan). “Bila gharizah ini tidak dipenuhi dengan jalan yang sah yaitu perkawinan maka ia akan mencari jalan-jalan setan yang banyak menjerumuskan ke lembah hitam,” kepala seksi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada ini.

Berkaitan dengan itu, mantan kepala kantor urusan agama kecamatan Bajawa ini melanjutkan bahwa Islam menganjurkan nikah. Islam telah menjadikan ikatan perkawinan yang sah berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai satu-satunya sarana untuk memenuhi tuntutan naluri manusia yang sangat asasi dan sarana untuk membina keluarga yang Islami. Ia pun mengutip Hadist Riwayat Thabarani dan Hakim: “ Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu berkata,” Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Barangsiapa menikah maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi.’”

Selain mengupas tentang dasar perkawinan islami, beliau juga mendeskripsikan tujuan perkawinan dalam Islam. Tujuan perkawinan itu di antaranya: memenuhi tuntutan naluri manusia yang asasi; membenteng akhlak yang luhur; menegakkan rumah tangga yang islami, meningkatkan ibadah kepada Allah dan mencari keturunan yang shalih. “Yang terpenting dalam perkawinan bukan hanya sekedar memperoleh anak, tetapi berusaha mencari dan membentuk generasi yang berkualitas, yaitu mencari anak yang shalih dan bertaqwa kepada Allah,” ujar Fajri mengakhiri uraiannya** (yonsch)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.067127 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 578043
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.