Selasa, 2 Juli 2013 – Bidang Haji & Umroh
25 Calon Jemaah Haji Flotim Ikuti Penataran Manasik Haji 2013

Larantuka (Inmas) – Niat 25 Calon Jamaah Haji Kabupaten Flores Timur untuk menunaikan ibadah haji musim haji 2013, perlahan mulai terpenuhi. Hal ini terlihat dengan diselenggarakannya acara Pembukaan Penataran Manasik Haji Kabupaten Flores Timur Tahun 2013 di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Flores Timur, Senin 01 Juli 2013.

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabuapeten Flores Timur, Anton Tonce Matutina, BA,SH mewakili Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos dan dihadiri pula oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Petrus Pedo Beke, S.Ag serta para undangan yang terdiri dari Anggota Muspida Kabupaten Flores Timur, Ketua MUI Kab. Flores Timur serta para alim ulama dan tokoh masyarakat.

Ketua Panitia Kegiatan Penataran Manasik Haji Kabupaten Flores Timur, Ibu Dra Hj. Saripah al Maeda dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan penataran manasik haji adalah untuk memberikan pengetahuan tentang manasik haji serta seluruh proses pelaksanaan Ibadaah Haji, agar jamaah calon haji dapat memahami secara utuh dan mandiri di dalam melaksanakan Ibadah Haji sesuai dengan tuntunan agama dan peraturan yang berlaku. Karena harus disadari sungguh bahwa penyelenggaraan Ibadah Haji adalah kegiatan yang memerlukan mobilitas tinggi, berinteraksi dengan jama’ah dari berbagai negara di belahan dunia sehingga perlu kesiapan/kemampuan baik fisik, mental, bersikap santun, dan ramah dalam berinteraksi selama di tanah suci.

Selain itu, lanjutnya kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, secara khusus pemerintah daerah Kabupaten Flores Timur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umat beragama khususnya umat islam yang menunaikan Ibadah Haji.

Sementara itu mengenai jumlah jamaah calon haji Kabupaten Flores Timur, beliau menjelaskan Jumlah jama’ah haji Kabupeten Flores Timur yang mendapat nomor porsi jadi berangkat dan telah melakukan pelunasan dan mengikuti penataran manasik haji berjumlah 25 orang. Namun ada kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang pengurangan kuota haji 20% untuk seluruh dunia maka akan berdampak pada jumlah jamaah calon haji yang tunda berangkat untuk Provinsi NTT sebanyak 78 orang dari kuota 647. Dari 78 tersebut untuk Kab. Flores Timur sebanyak 7 orang, sehingga jumlah jamaah calon haji Kab. Flores Timur yang berangkat berjumlah 18 orang. Sedangkan nama-nama yang harus tunda keberangkatannya belum ditetapkan dari Kementerian Agama RI. (***peter).

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.041517 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 586522
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.