Senin, 6 Mei 2013, 23:14 –
Pegawai Fungsional Kantor Kemenag Kota Kupang Sehari Belajar Jurnalistik

Kupang (Humas) – “Coba tulis apa saja yang sedang Anda pikirkan” demikian kata Pemimpin Redaksi Tabloid Nirwana (Media Informasi Kantor Kementerian Agama Kota Kupang), Raymundus Lake, S.Ag ketika tampil sebagai pembicara dalam kegiatan pelatihan jurnalistik sehari, bagi pegawai fungsional lingkup Kantor Kemenag Kota Kupang (Jumat, 3 Mei 2013) di pelataran Kantor Kementerian Agama Kota Kupang.

Work Shop Jurnalistik yang berlangsung sehari bagi pegawai fungsional (pengawas dan penyuluh) agama di lingkup Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, dibuka secara resmi oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Imelda De Rozary, S.Sos.MM. Dalam sambutan awalnya, Imelda mengajak seluruh peserta work shop, untuk terus mendukung kehadiran Tabloid Nirwana sebagai media komunikasi yang dapat mempublikasikan seluruh aktifitas yang terjadi di seputar Kantor Kementerian Agama Kota Kupang. “Adalah tugas dan tanggung jawab semua pegawai fungsional umum dan pengawas serta penyuluh agama Kantor Kemenag Kota Kupang, untuk mendukung Tabloid Nirwana dengan menuliskan berbagai hal tentang kegiatan penyuluhan dan pengawasan sesuai tusi di kelompok sasaran masing-masing, untuk selanjutnya dipublikasikan melalui Tabloid Nirwana”. ajak ibu yang selalu senyum ini.

Lebih lanjut Imelda menegaskan bahwa, terobosan yang sekarang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Kupang terkait penyebar luasan informasi lewat media, tentang kebijakan dan program strategis yang dicanangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, adalah salah satu bentuk dukungan terhadap program kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebagai representasinya pemerintah pusat di daerah. “Dengan hadirnya Tabloid Nirwana, sebenarnya kita telah mendukung program kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai representasinya pemerintah pusat di daerah ini” tegas orang nomor satu di Kantor Kemenag Kota Kupang ini.

Tampil sebagai pembicara sekaligus nara sumber dalam kegiatan pelatihan jurnalistik pada kesempatan itu adalah Pemimpin Redaksi Tabloid Nirwana, Raymundus Lake, S.Ag dan Yos Sudarso, S.Fil, staf redaksi dari Tabloid Nirwana. Di hadapan peserta yang sebagian besarnya adalah penyuluh dan pengawas guru agama dan beberapa staf redaksi Tabloid Nirwana, Lake dan Sudarso secara bergantian dalam pemaparan materinya, menekankan hal yang sama, seputar kepekaan seorang jurnalis dalam meliput dan menulis berita, menentukan angel dan teras berita, artikel opini serta kiat-kiat mejadi seorang penulis yang handal. Lake, dalam materi awalnya, mengajak peserta untuk mencoba menulis apa saja yang sedang terlintas di pikiran masing-masing. “Coba tulis apa saja yang sedang Anda pikirkan” ajak Lake. Hal ini terungkap karena menurut pandangan sebagian orang, mengatakan bahwa, yang paling berat dalam menulis adalah mau memulai dengan kata atau kalimat apa.

Maksi Sobe, salah seorang peserta dari penyuluh agama katolik, ketika ditemui Nirwana di sela-sela work shop, mengatakan bawa kegiatan ini, sangat bermanfaat bagi dirinya sebagai seorang penyuluh agama. “Saya bangga, karena hari ini saya mendapat informasi yang lengkap dan mendetail tentang jurnalistik” ungkap wakil ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Kantor Kementerian Agama Kota Kupang ini. Hal senada juga diungkapkan oleh Syafrudin H. Abusaman peserta dari penyuluh agama Islam. Syafrudin mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh team redaksi Tabloid Nirwana saat itu, merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Work shop sehari yang mengusung tema “Dengan Pelatihan Jurnalistik, Kita Tingkatkan Kualitas Jurnalis di Lingkup Kantor Kementerian Agama Kota Kupang” ini, di akhiri dengan praktek dan latihan meliput serta menulis berita oleh peserta work shop. (Mnc).

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.014445 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 649601
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.