Selasa, 27 November 2012 –
Kakanwil: Keteladanan Lewat Kepribadian dan Pekerjaan

Bajawa (Humas) – Kakanwil Kementerian Agama Propinsi NTT, Drs. Eusabius Binsasi, pada Senin, 26 Nopember 2012 melakukan Kunjungan Kerja Perdana ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada. Kakanwil yang merangkai kunjungan kerjanya ke Ngada dengan kegiatan Bidang Pendidikan Agama Katolik Kantor Wilayah Propinsi NTT yang diselenggarakan di Bajawa ini diterima secara adat Bajawa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada bersama segenap jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada. Dalam acara Tatap Muka bersama di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada, Kakanwil yang energik dan humoris ini mengawali arahannya dengan mengajak setiap elemen kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada untuk senantiasa bersyukur. Mengutip sebuah pepatah, beliau menandaskan bahwa tidak ada sesuatu yang tersembunyi di bawah kolong langit. Tuhan telah merencanakan semua yang dialami oleh setiap makhluk sesuai kehendak-Nya. Olehnya setiap manusia mesti selalu bersyukur karena apa yang dikehendaki Tuhan terjadi pada setiap manusia pastilah sesuatu yang baik. Tuhan tidak pernah merencanakan yang buruk terjadi atas diri manusia. “Sekecil apapun peran dan tugas kita, itu tetap penting dan sangat bermakna bagi orang lain. Syukurilah hal tersebut dan jangan pernah mengeluh,” tegas beliau. Mengafirmasi hal tersebut, Kakanwil menegaskan kepada setiap jajaran Kemenag Ngada untuk senantiasa saling mendukung dalam menjalankan setiap tugas pelayanan di kantor. Setiap orang mesti memiliki cara berpikir “kita” dalam arti walaupun setiap pegawai memiliki fungsinya masing-masing entah sebagai guru, pengawas, penyuluh maupun pegawai administrasi di kantor tetapi hendaknya fungsi tersebut tidak berujung pada pengkotakan diri yang berakibat pada saling melempar tanggung jawab. Kakanwil pun mengajak semua pegawai kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada untuk menanamkan tanggung jawab yang menyeluruh terhadap suksesnya tugas Kementerian Agama.

Melanjuti arahannya Kakanwil menandaskan bahwa hal yang amat penting dalam menyukseskan seluruh proses pelayanan adalah keteladanan. Keteladanan yang sesuai dengan karakter kementerian agama yang disandang. Keteladanan itu mesti ditampakkan lewat kepribadian dan pekerjaan. Menurut beliau, seluruh perilaku aparat kementerian agama menunjukkan karakternya. Demikian juga sekecil apapun peran setiap pegawai, dia adalah pegawai kantor agama. Oleh karena itu setiap pegawai mesti menunjukkan karakter kepribadian yang baik dan juga bekerja sesuai karakter lembaga yang adalah instansi yang memiliki tugas dan fungsi yang langsung bersentuhan dengan aspek terdalam dari kehidupan manusia yakni mengurus hal-hal teknis yang berhubungan dengan hal-hal keagamaan.

Dalam kaitan dengan visi Kanwil kementerian Agama NTT, Kakanwil mengajak setiap pegawai supaya senantiasa mempertebal keimanan yang bermula dari dalam diri sendiri; memiliki kecerdasan yang dapat dibagi kepada yang lain; senantiasa menciptakan hidup rukun dengan sesama yang bermula dengan berpikir positif tentang orang lain; dan menilai segala sesuatu yang diterima bukan dari besarannya melainkan bagaimana sesuatu yang diterima itu ditata dan dikelola dengan baik sehingga mendatangkan kesejahteraan.

Kegiatan tatap muka yang dilangsungkan dalam suasana keakraban dan penuh persaudaraan ini, selain diisi dengan pengarahan dari Kakanwil juga didahului dengan laporan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada mengenai keadaan dan kinerja Kantor serta harapan-harapan lain dari seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngada kepada orang nomor satu di jajaran kantor wilayah Kementerian Agama Propinsi NTT ini. (yonsch)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.174250 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 585862
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.